Biasanya orang awam menanggap jurusan ekonomi hanyalah seputar akuntansi dan juga manajemen, padahal jurusan ekonomi memiliki banyak cabang pembelajaran yang bisa diambil, salah satunya adalah ekonomi pembangunan. Yuk kita lihat beberapa fakta unik tentang jurusan ini.

Fakta pertama : Jurusan ekonomi pembangunan biasanya tidak begitu diminati, jadi jangan heran jika jumlah mahasiswa atau mahasiswi yang masuk ke jurusan ini sangat sedikit. Disaat jurusan lain memiliki banyak kelas, biasanya jurusan ekonomi pembangunan hanya memiliki satu kelas saja.

Fakta kedua : Jurusan ekonomi pembangunan suka dikaitkan dengan perhitungan biaya pembangunan suatu bangunan. Padahal ini adalah paradigma yang salah. Jurusan ekonomi pembangunan sama sekali tidak ada kaitannya dengan biaya dalam membangun sebuah bangunan. Jurusan ini mempelajari tentang pembangunan yang sedang terjadi di daerah khususnya yang sedang berkembang.

Fakta ketiga : Banyak pihak yang mempertanyakan nantinya anak jurusan ekonomi pembangunan akan terjun di pekerjaan yang seperti apa. Jika anak akuntansi akan menjadi akuntan dan anak manajemen akan menjadi pebisnis, lantas apa yang akan dikerjakan dengan anak ekonomi pembangunan ? Biasanya anak jurusan ini akan bekerja di dunia perbankan dan lembaga penelitian pembangunan serta pengamat kebijakan di suatu perusahaan.

Fakta keempat : Banyak mahasiswa dan mahasiswi yang salah memilih jurusan ini. Angan-angan berurusan dengan perhitungan dalam sebuah pembangunan, yang dipelajari justru jauh dari hal tersebut. Bahkan perhitungan yang dilakukan di jurusan ini jauh lebih dalam ketimbang hanya menghitung biaya suatu bangunan.Itu dia beberapa fakta unik tentang jurusan ekonomi pembangunan, setelah membaca artikel ini jangan sampai salah mengartikan jurusan ini lagi ya !

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *