Banyak tempat-tempat indah di Jepang yang hingga saat ini masih dapat mempertahankan konsistensi keindahannya dengan baik. Salah satu wisata alam yang sangat indah untuk dikunjungi adalah hutan bambu Arashiyama.

Hutan ini sangatlah indah, sepanjang jalan di hutan ini ditumbuhi oleh pohon bambu yang menjulang tinggi dan memilik warna hijau yang sangat cerah. Sayangnya akhir-akhir ini banyak pohon yang ditemukan rusak akibat ulah turis asing yang tidak tahu etika dalam berwisata.

Hutan bambu Arashiyama terletak di Kyoto dan menjadi salah satu tujuan wisata yang paling digemari. Tempat ini memang menjadi spot berfoto yang sangat indah dan sangat instagramable. Tidak sedikit pasangan yang mengabadikan keindahan tempat ini dengan melakukan foto prawedd disini.

Sayangnya banyak turis asing yang tidak hanya sekedar mengabadikan tempat ini melalui foto, ada begitu banyak pohon yang rusak dikarenakan diukir sembarangan oleh para pengunjung. Seharusnya hal ini tidak boleh dilakukan karena dapat mempengaruhi kesehatan bambu disana.

Meski sudah diberi papan pengumuman agar tidak mengukir nama di batang bambu, tindakan ini tetap saja dilakukan. Entah apa yang ada dipikiran pelaku hingga memaksa untuk mengukir di wisata alam yang indah seperti ini. Bukankah sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk menjaga keasrian dan keindahan suatu tempat wisata ?

Tindakan para turis iseng seperti ini tentu sangat mengesalkan, pasalnya pihak pengelola harus menebang pohon yang busuk karena diukir secara sembarangan. Semoga para turis punya kesadaran diri untuk menjaga tempat wisata yang mereka kunjungi ya. Jadilah wisatawan yang cerdas dan beradab tanpa harus merusak objek wisata alam yang indah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *