Pepaya adalah salah satu buah yang paling mudah di jumpai di beberapa negara yang beriklim tropis, dan Indonesia menjadi salah satu di antaranya. Buah pepaya ini bisa di bilang sangat banyak penggemarnya di Indonesia sebab rasanya yang manis dan tekstur dagingnya yang lunak sehingga mudah untuk di konsumsi.

Buah pepaya memiliki daging buah yang lunak serta terdapat biji buah yang sangat banyak didalamnya. Namun hingga saat ini, biji dari buah pepaya ini masih sedikit orang yang memanfaatkannya sehingga hanya di buang dengan percuma. Padahal, dalam biji pepaya terdapat cukup banyak senyawa kimia yang beragam manfaatnya untuk tubuh.

Nah, agar kamu juga bisa memanfaatkan biji pepaya untuk di ambil khasiat dan manfaatnya. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil dari biji pepaya untuk kesehatan tubuhmu.

1. Menjaga sistem pencernaan

Tidak banyak yang menyadari bahwa biji pepaya ternyata memiliki fungsi yang luar biasa bagi pencernaan yaitu menjaga sistem pencernaan dari serangan bakteri jahat. Biji kecil berwarna hitam yang terbungkus selaput bening ini nyatanya memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh untuk menjadi anti-bakteri yang ampuh melawan bakteri. Selain melawan bakteri jahat, biji pepaya juga dapat membunuh parasit-parasit yang ada di dalam pencernaan.

2. Menurunkan kolesterol darah

Biji pepaya yang biasa di buang ini sebaiknya jangan kamu buang lagi, sebab biji pepaya bisa kamu jadikan jus untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Dalam biji pepaya kamu bisa menemukan senyawa flavonoid yang memiliki peran sebagai antioksidan sehingga sangat baik dalam menurunkan oksidasi kolesterol dalam tubuh.

3. Mengurangi uban

Selain menjaga pencernaan, ternyata biji pepaya juga bermanfaat untuk mengurangi rambut beruban. Biji pepaya memiliki kandungan 32 persen karbohidrat, 24 persen protein, serta 26 persen minyak esens.

Selain kandungan tadi, dalam biji pepaya juga terdapat salah satu senyawa alami yang bernama glucoside caricin carpin. Kandungan senyawa satu ini berfungsi sebagai penghitam rambut sehingga rambut akan tumbuh lebih hitam dan mengurangi jumlah rambut putih atau uban.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *